Sabtu, 20 April 2013

Video Amatir Detik-Detik Kapal PT Kalamur Tenggelam

Dunia Internet - Video Amatir Detik-Detik Kapal PT Kalamur Tenggelam. Tim SAR masih berusaha mencari korban pascatenggelamnya kapal motor karyawan PT Kalamur di Sungai Mahakam, Samarinda, Kalimantan Timur.


Tenggelamnya KM karyawan PT Kalamur di Sungai Mahakam terjadi pada Rabu (17/4) pukul 18 Wita. Kapal itu diduga tenggelam karena kebocoran saat hendak menyeberang Sungai Mahakam untuk mengangkut karyawan. Hingga kini , dari 65 penumpang, tiga orang meninggal dunia. 22 orang masih hilang , dan 39 penumpang selamat . 

Dalam rekaman warga yang diterima Metro TV menunjukkan detik-detik tenggelamnya kapal motor itu. Warga panik ketika melihat kapal tenggelam. Puluhan penumpang mencoba menyelamatkan diri dengan berenang . 

Warga yang melihat sejumlah penumpang nyaris tenggelam, histeris dan meminta warga lain yang dapat berenang untuk menolong . 

Dalam rekaman video amatir berdurasi satu menit itu, para penumpak panik saat kapal perlahan-lahan mulai tenggelam.


Kapal Tenggelam di Mahakam, Saksi: Penumpang Teriak Sebelum Kapal Tenggelam

Samarinda - KM Karya Indah yang mengangkut sekitar 40 karyawan PT Kalamur tenggelam di Sungai Mahakam, kawasan Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Seorang saksi, Yanti (42) menyebutkan sebelum tenggelam penumpang berteriak kapal akan tenggelam.

"Saya awalnya di dalam kapal. Air masuk dari bagian depan. Ada teman-teman yang teriak kapal akan tenggelam," kata Yanti kepada wartawan di RS Trauma Centre, Loa Janan, Samarinda, Rabu (17/4/2013) malam.

Menurut dia, kapal mulai bergerak meninggalkan dermaga di Loa Bahu mengangkut puluhan karyawan pulang kerja menuju dermaga Loa Janan. Masuknya air dari bagian depan kapal membuat panik puluhan penumpang.

"Itu tadi, kenapa tiba-tiba ada air dari depan kapal. Semua kaget, panik," ujarnya.

Meski air terus masuk ke bagian depan kapal, nakhoda yang mengetahui itu, mempercepat laju kapal menuju dermaga Loa Janan. Namun nahas, kapal akhirnya tenggelam sekitar 50 meter sebelum dermaga.

"Kapal semakin laju, air semakin banyak masuk ke kapal. Saya pindah ke atap kapal bersama teman saya Asdar dan Aksa. Kapal tenggelam pertama kali dari depan," sebut Yanti.

"Begitu tenggelam, saya melompat dari atap. Saya sempat tenggelam dan melihat kapal akhirnya tenggelam hingga di bagian belakang kapal," tambahnya.

Yanti mengaku bisa berenang di perairan Sungai Mahakam. Namun saat itu, celana jeans yang dikenakannya membuatnya kelelahan saat berenang di sungai.

"Sempat lemas di dalam air karena saya pakai jeans. Jadi, badan saya berat di dalam air. Saya lihat ada orang mandi di pinggir sungai," terangnya.

"Saya ingat 2 anak saya di rumah, saya cepat-cepat kembali ke permukaan. Ada warga yang memberi batang kayu, akhirnya saya berpegangan dan saya dibawa ke dermaga di pinggir sungai. Alhamdulillah, saya selamat meski saya banyak minum air sungai," tutupnya.

KM Karya Indah tenggelam di perairan Sungai Mahakam, Loa Janan, Samarinda. Dari 40-an penumpang, 12 di antaranya berhasil dievakuasi, termasuk 1 korban meninggal dunia atas nama Nurhayati. Korban dibawa ke RS Trauma Centre Loa Janan dan RS IA Moeis, di Samarinda Seberang.

Tim SAR gabungan antara lain dari BPBD Provinsi Kaltim, BPBD Kota Samarinda, Brimob Polda Kaltim, Basarnas serta masyarakat masih melakukan pencarian korban lainnya hingga malam ini.